Reader Comments

Berwisata Sejarah Seru di Semarang

by global wisata (2021-09-29)


Berwisata Sejarah Seru di Semarang

Siapa yang tidak mengenal Kota Semarang, kota terbesar kelima di Indonesia ini memiliki berbagai julukan, salah satunya adalah Kota Lumpia. Mengapa disebut demikian? Tentu karena lumpia adalah makanan khas kota ini, di mana lumpia merupakan makanan hasil akulturasi dari 2 kebudayaan yakni Cina dan Jawa. Terlepas dari kuliner yang cukup melekat dengan kota ini, Anda pun dapat mengunjugi berbagai tempat menarik di kota ini.

Berwisata Sejarah Seru di Semarang

Terdapatnya berbagai tempat menarik di kota ini membuat Semarang layak menjadi salah satu alternatif tujuan liburan dan wisata. Soal penginapan? Jangan khawatir, sebagai kota besar pastinya Semarang memiliki banyak hotel yang bisa dikunjungi. Cara menemukannya pun mudah, Anda bisa cari hotel dan memilih hotel sesuai dengan budget yang dimiliki.

Baca Juga: Paket Wisata Semarang 2 Hari 1 Malam

Jika mencari penginapan nyaman dengan harga yang tidak terlalu mahal, maka Quest Hotel Semarang bisa menjadi pilihan Anda. Hotel ini menyediakan kamar mulai dari harga 400ribua-an saja, hmm cukup murah bukan? Hotel ini terletak di Jalan Plampitan 37-39, di mana Anda dapat menemukannya sekitar 1 Km dari Simpang Lima Semarang.

Quest Hotel Semarang menyediakan 155 kamar dengan tipe Deluxe room dan Executive room, di mana setiap kamar telah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan yang bisa mendukung kenyamanan Anda selama menginap.

Selain kamar penginapan, Quest Hotel Semarang juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti kolam renang, ballroom, restoran, ruang rapat, dan lain – lain. Jika Jum’at malam di hotel ini Anda dapat menikmati makan malam ditemani live music, harga makanan yang ditawarkan pun mulai dari Rp10.000,- saja. Wah, murah banget kan?

Berwisata Sejarah Semarang

Jika Anda ingin pergi wisata, terdapat beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Semarang. Apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lawang SewuLawang Sewu

Jika ingin berwisata sejarah di Semarang, maka datanglah ke tempat yang paling terkenal di Semarang yaitu Lawang Sewu. Lokasi Lawang Sewu juga tak terlalu jauh dari Quest Hotel Semarang, yaitu hanya berjarak sekitar 1 km saja. Lawang Sewu adalah salah satu gedung tertua yang ada di kota ini, di mana gedung ini telah berdiri sejak 1907.

Baca Juga: Pulau Tidung Resort

Arti lawang sewu sendiri bermakna seribu pintu, meskipun sebenarnya jumlah pintu di gedung ini tidak mencapai seribu. Namun karena terdapat banyak sekali jendela yang berukuran besar, sehingga warga disekitar menganggap bahwa itu adalah pintu.

Lawang Sewu dulunya merupakan gedung perusahaan kereta api Belanda. Namun pada zaman penjajahan Jepang, ruang bawah tanah gedung ini dijadikan sebagai penjara dan tempat penyiksaan tawanan Belanda. Meskipun gedung ini sering dikaitkan dengan hal mistis, namun keindahan gedung ini tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

2. Museum Kereta Antik AmbarawaMuseum Kereta Antik Ambarawa

Jika belum puas untuk berwisata sejarah di Lawang Sewu https://www.kartanesia.com/, maka Anda bisa melanjutkannya ke Museum Kerta Antik Ambarawa. Meskipun jaraknya tidak sedekat Lawang Sewu, yaitu untuk harus menempuh jarak 45 Km dari Quest Hotel. Museum ini dulunya adalah stasiun kereta api Ambarawa, namun kini di alihfungsi menjadi museum.

Baca Juga: Wisata Pangalengan Bandung

Salah satu kereta api uap bergigi yang ada di museum ini masih berfungsi menjadi kereta api wisata, uniknya kereta api bergigi hanya tersisa tiga di dunia. Dua kereta sejenis lainnya berada di India dan Swiss. Anda pun dapat menikmati suasana romantisme jaman dulu dengan mencoba naik kereta ini.

Harga yang ditawarkan untuk naik kereta api uap ini juga cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp50.000,- untuk menempuh perjalanan pulang pergi sejauh 12 Km. Bagaimana, ingin mencoba menaiki kereta api uap yang fenomenal dengan menikmati suasana romantisme jaman dahulu?

3. Candi Gedong SongoCandi Gedong Songo

Dari Museum Kereta Ambarawa, Anda bisa melanjutkan wisata menuju Candi Gedong Songo. Lokasi candi ini hanya berjarak 13 Km dari museum kereta, tepatnya di lereng gunung Unggaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Sesuai dengan namanya yaitu Gedong Songo yang berarti “sembilan bangunan”, maka di sini https://republikwisata.com/ terdapat sembilan candi yang tersebar di lereng gunug.

Lokasinya yang berada di lereng gunung membuat Anda tidak hanya sekedar melihat candi, melainkan pemandangan indah khas pegunungan yang cukup memukau. Untuk menuju Candi Gedong I maka Anda harus melalui jalan setapak yang menanjak sejaih 200 meter, namun jika tidak ingin lelah Anda bisa mencoba menaiki kuda untuk menuju ke sana.

Selain menuju Candi Gedong I, Anda pun tetap dapat menggunakan transportasi kuda untuk menuju beberapa spot, seperti candi gedong lainnya, wisata air panas, dan wisata. Harga yang di tawarkan pun cukup murah yaitu Rp70.000,- untuk paket Candi Songo.

Bagaimana, menarik bukan berwisata sejarah di Semarang? Tunggu apalagi, ayo jalan – jalan seru ke Semarang sekarang dan jangan lupa kunjungi tempat wisata di Jogja!