Reader Comments

Re: Unicef

by area seoku (2020-04-24)

In response to Unicef

Ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, pepatah ini berlaku di mana saja termasuk di dunia kerja. Di dunia kerja, saat kita melamar suatu pekerjaan maka kita harus memperkenalkan diri ke pihak personalia atau HRD, yaitu melalui CV (curriculum vitae) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Contoh Daftar Riwayat Hidup.

Setiap kali kita memberikan surat lamaran kerja pada sebuah perusahaan, pasti harus dilengkapi dengan Curriculum Vitae. Di dalam CV tersebut kita menjelaskan mengenai data diri kita kepada pihak HRD, mulai dari informasi pribadi, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja (jika ada).

Melalui daftar riwayat hidup tersebutlah pihak HRD akan mengetahui tentang potensi seseorang dan mengetahui apakah orang tersebut sesuai dengan kriteria pegawai yang dibutuhkan perusahaan. Jadi, boleh dibilang Curriculum Vitae (CV) seseorang sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya dia bekerja.

Sebagian besar contoh CV lamaran kerja yang ada saat ini terkesan datar dan kurang menarik sehingga pihak HRD tidak tertarik untuk menggali informasi mengenai orang tersebut. Isi dari CV memang sangat penting, namun kamu juga harus memperhatikan desain dan cara menyajikan daftar riwayat hidup tersebut.