Reader Comments

Re: QuitoPlan ®

by ely setiawan (2020-05-14)

In response to QuitoPlan ®

5 KRITERIA AYAM ADUAN YANG BERKUALITAS

Sampai saat ini belum ada standart pasti untuk menentukan kualitas seekor ayam aduan. Hal ini berlaku pada ayam bangkok maupun jenis lainnya. Ada yang beranggapan seekor ayam petarung yang bagus haruslah punya teknik yang indah, ngelock (ngunci / ngalung) kanan kiri. Banyak juga pendapat bahwa ayam bagus haruslah punya pukulan yang mematikan (berefek fatal). Dilain pihak ayam teknik bawah (ngoyor) dikatakan "jelek". Teknik sederhana dikatakan belum istimewa, dan masih banyak lagi opini-opini lainnya.

Namun fakta dilapangan sering terjadi ayam yang punya pukulan mematikan jadi ndak keliatan pukulnya ketika ketemu ayam super lock. Ada juga ayam dengan teknik bawah (ngoyor) bisa mengalahkan ayam ngalung kanan kiri yang notabenya dianggap "bagus". Lho ayam bagus kok kalah dengan ayam jelek? Hal ini tentu membingungkan dan menimbulkan banyak persepsi. Lantas seperti apa kriteria ayam bagus itu?

Untuk menentukan bagus tidaknya tidaklah cukup jika cuma ditinjau dari segi teknik bertarung dan jenis pukulannya saja. Masih ada unsur-unsur lain yang harus dipenuhi. Mari kita bahas satu persatu unsur-unsur yang harus dipenuhi agar bisa dikatakan ayam aduan yang "Bagus".